9 Komponen Yang Mempermudah Pembuatan Business Plan

Sebaiknya anda semuanya mencetak template Business Model Canvas pada kertas A3. Selanjutnya siapkan sticky notes dengan 2 warna berbeda, selanjutnya mulailah untuk mengisi BMC anda sesuai dengan bisnis yang hendak atau sudah anda jalankan. Pembuatan gambaran bisnis membantu Anda untuk mengetahui jalan bisnis Anda ketika dipasarkan. Selain melihat berbagai perkembangan bisnis yang tengah populer saat ini, riset ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dari para kompetitor Anda. Hal ini berguna untuk membuktikan bahwa keuangan perusahaan Anda memang sehat dan profitable, sehingga siap untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Membuat suatu rencana bisnis

Lantas, bagaimana jika kita tidak memiliki rencana bisnis sama sekali? Layaknya sebuah rumah yang ingin dibangun, manusia harus memiliki rencana bangunan yang akan didirikan. Misalnya, seperti apa bentuknya, berapa tingkat rumah yang akan dibangun, bagaimana desain atapnya, dan lain sebagainya. Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya.

Dengan begitu, Anda bisa mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari krisis keuangan, yang mengakibatkan Anda tidak dapat membiayai operasional bisnis secara berkesinambungan. Deskripsi bisnis bertujuan untuk memberikan gambaran singkat namun jelas mengenai bidang bisnis yang dijalani, mannequin bisnis, dan potensi produk atau jasa, serta kemungkinannya untuk bertahan di masa depan. Dengan adanya deskripsi bisnis, diharapkan pihak yang terlibat di dalamnya akan mengetahui potensi dan arah pengembangan dari bisnis tersebut. Bagian ini memuat strategi-strategi yang diperlukan untuk memastikan kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Untuk itu, Anda perlu melakukan analisis terlebih dahulu tentang bagaimana sifat dari bisnis Anda. Pada intinya, investor ingin investasinya bisa menghasilkan keutungan yang sebesar-besarnya.

Maka dari itu, dokumen ini bisa digunakan untuk kebutuhan eksternal maupun inside. Ada kalanya perlu melakukan analisis terhadap kompetitior atau pemain sejenis. Setiap kelemahan yang ada dapat dimanfaatkan dalam siklus pengembangan produk. Setelah anda mengidentifikasi masalah yang mungkin bisa terjadi, anda juga bisa mempertimbangkan hal lain yaitu mengalokasikan SDM dan bahan atau monetary untuk usaha. Saat and amembuat rencana usaha, anda bisa membuat alokasi-alokasi tentang pemanfaatan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan untuk mengolah monetary yang ada. Dalam alokasi ini tentu ada beberapa hambatan namun sangat tepat bila hambatan tersebut ditulis dan dicari titik penyelesaiannya.

Channels dalam BMC ini merupakan entitas yang dipakai oleh pihak organisasi bisnis di dalam menciptakan worth proposition yang telah dibuat tersebut hingga sampai pada konsumen. Pada umumnya yang digunakan adalah framework AIDA (Attention – Interest – Desire – Action) untuk dijadikan sebagai tahap awal. Selanjutnya bagaimana proses pengiriman barang maupun jasa tersebut ke konsumen. Anda harus memiliki dan membuat strategi marketing yang bermanfaat bagi usaha Anda sendiri. Mulailah dengan membuat timeline mengenai waktu yang tepat untuk Anda melakukan promo hingga perkenalan produk baru kepada konsumen agar kegiatan advertising menjadi lebih teratur.