Baca Ini Sebelum Merintis Usaha Perbengkelan

Sehingga sangat berpotensi sekali untuk membuka usaha bengkel motor disana. Untuk itu penulis akan membagikan beberapa tips jitu dalam mendirikan bengkel motor yang bisa Anda jadikan acuan dasar sebelum memantapkan niat mengeluti usaha bengkel motor untuk pekerjaan utama. Usaha bengkel otomotif khususnya sepeda motor, memiliki tiga jenis calon pelanggan yaitu bengkel otomotif motor resmi, bengkel otomotif motor umum dan bengkel otomotif motor tune up.

Anda juga dapat terjun langsung belajar dari karyawan untuk menangani masalah terkait mekanik. Keterampilan Anda pastinya akan sangat berguna jika ada kru yang absen atau ketika pelanggan sedang banyak-banyaknya. Cara lain yang dapat menarik hati pelanggan adalah memperbaiki kerusakan yang tidak bisa dilakukan oleh bengkel lainnya. Dari contoh-contoh promo di atas bisa Anda kembangkan sendiri dan tentukan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Usaha ini tidak menentu, apalagi saat pandemi kondisinya naik turun. Mengutip situs resmi Lunaz, Lorenz menjelaskan bahwa bengkel ini didirikan untuk menjaga warisan otomotif dunia. Menurutnya tidak ada yang lebih penting dari menjaga estetika desain mobil sembari membuatnya relevan digunakan pada masa ini. Izin yang diberikan oleh Walikota kepada perseorangan atau badan usaha, untuk menyelenggarakan bengkel umum yang berfungsi memperbaiki dan merawat kendaraan bermotor. Dalam pendaftaran untuk mendapatkan izin mendirikan bengkel umum, harus mengikuti juga prosedur dan mekanismenya. Bengkel sendiri sebenarnya memiliki dua jenis, yaitu ATPM dan non ATPM.

Usaha bengkel

Mulai dari sistem penggajian karyawan, prosedur pelayanan konsumen, goal pendapatan yang diinginkan, hingga penghitungan aset, rugi, dan laba bengkel motor Anda. Namun tidak jarang pelaku usaha kecil dan UKM mengeluhkan modal yang besar dari bisnis bengkel ini. Ini menjadi salah satu kekurangan bisnis bengkel, kerena jika lokasi usaha Anda kurang cocok, bisa dipastikan konsumen enggan mendatangi bengkel Anda.

Melihat perkembangan dunia maya sekarang ini semakin pesat, tidak ada salahnya bila Anda aktif memasarkan bisnis Anda secara on-line untuk memperluas jangkauan pasar yang bisa Anda bidik. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan mailing record, menyapa konsumen Anda melalui jejaring sosial, serta membangun kedekatan dengan aktif di forum-forum pecinta otomotif yang belakangan ini mulai dirintis by way of on-line. Pangsa pasar yang cukup luas membuat bisnis bengkel motor masih tetap menjanjikan karena setiap rumah pasti memiliki motor bahkan lebih dari satu. Membuka bisnis bengkel motor sebenarnya bisa dilakukan di lahan yang tidak terlalu luas. Modal awal yang harus Anda persiapkan yaitu menyewa lahan atau menyewa ruko dan biaya renovasi, whole biaya ini bisa mencapai forty juta.

Dari beberapa kondisi di atas, sebagian orang memanfaatkannya untuk membuka bengkel. Apalagi bisnis ini tahan terhadap kondisi pandemi atau PPKM Darurat, karena semua kendaraan pasti harus diservice berkala. Bagaimanapun, pelanggan pastilah melihat dari segi kualitas perbaikan atau pelayanan yang diberikan oleh bengkel.

Hal ini perlu dikuasai agar Anda dapat mengantisipasi apabila salah satu karyawan Anda mengundurkan diri atau tidak masuk. Mengikuti kelas-kelas singkat teknik mekanik juga tidak ada salahnya agar Anda mendapat pengetahuan yang lebih formal. Anda memang tidak mengeluarkan biaya yang tinggi untuk tempat, akan tetapi Anda juga tidak mempunyai pertumbuhan yang signifikan dari bisnis. “Jadi pelanggan tidak perlu jauh-jauh ke Bekasi untuk servis motornya,” ungkapnya.

Untuk memberikan kemudahan dalam perawatan dan perbaikan inilah, maka PT. Indako Trading Coy membuka peluang kerjasama dengan pihak-pihak yang memiliki ketertarikan dalam bisnis after gross sales atau perbengkelan dan sparepart rekomendasi motor Honda. Oleh karena itu, Pak Alim berambisi untuk mendirikan bengkel sendiri dengan menempati tanah milik Lilik nya. Tanah berukuran kurang lebih 2×2 m menjadi ladang usaha Pak Alim.