Yuk, Kenali Lebih Jauh Vaksinasi Covid

Wali Kota mengatakan serbuan vaksinasi kali ini warga Kota Bekasi antusias karena dosis yang digunakan ialah vaksin Pfizer hampir 97 persen kekebalan tubuhnya dalam menghadapi pandemi. Dirinya mengungkapkan bahwa menjalani vaksinasi masih menggunakan dosis Sinovac 2 kali dan sebagai boosternya ialah Dosis Moderna, semoga dengan antusiasme dari warga ini bisa menghasilkan herd immunity sebanyak-banyaknya. Sementara itu, Pakar Imunisasi dr. Elizabeth Jane Soepardi menambahkan, untuk mengendalikan pandemi, target imunisasi mencapai minimal 70 persen dari whole penduduk untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Pemberian vaksin termasuk dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh artifisial atau didapat.

Seluruh Pos Pelayanan Vaksinasi harus dilengkapi package anafilaksis dan berada di bawah tanggungjawab Puskemas atau rumah sakit . Selanjutnya untuk kelompok sasaran tunda akan di berikan informasi agar datang kembali ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk memperoleh vaksinasi COVID-19. Kelompok pertama yang disebut di dalam surat edaran tersebut adalah kelompok lansia, yang dikatakan dapat menerima Vaksin Sinovac sebanyak dua dosis, dengan rentang pemberian 28 hari di antara kedua dosisnya. Namun, seiring dengan selesainya uji klinis Vaksin Sinovac di Brazil dan Turki yang mana turut melibatkan responden lansia, BPOM dan Kemenkes pun turut mengevaluasi kebijakan pemberian Vaksin Sinovac untuk lansia. Dalam program Sonora Parenting with Nakita.id, dr. Lusiana Kartiningsih, SpA menyatakan bahwa memang vaksinasi Covid-19 bagi anak ini terbilang hal yang penting dan menjadi salah satu solusi untuk bisa keluar dari kondisi pandemi.

“Kami mengimbau masyarakat untuk segera mengikuti program vaksinasi di daerah masing-masing, demi melindungi diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai. Pemerintah terus berupaya keras untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia, dengan koordinasi yang baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau masyarakat yang belum menerima vaksin segera mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Menurut Menkominfo hal itu sebagai upaya bersama menekan risiko terpapar dan menghindari gejala berat ataupun kematian akibat Covid-19. “Pemerintah harus merangkul media dalam membantu upaya sosialiasi mengenai vaksin tersebut.

Seperti diketahui, tujuan utama program vaksinasi ini untuk mendorong terbentuknya herd immunity yang dapat membantu kita menghadapi pandemi agar segera usai. Pada periode four, sasaran vaksinasi COVID-19 ditujukan pada masyarakat dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin. Jokowi meminta masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan sebelum Indonesia mencapai kekebalan komunal. Pada waktu bersamaan, upaya ini harus didukung pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Melalui pendekatan kepala desa diharapkan masyarakat dapat melupakan trauma takut dari hoaks yang beredar agar penularan Covid-19 di NTT dapat dikendalikan setelah mengalami lonjakan cukup drastis. Mantan Ketua Umum PSSI itu menekankan pentingnya edukasi yang terus-menerus kepada masyarakat agar tidak termakan hoaks mengenai vaksinasi. Umumnya kasus banyak pada daerah yang lebih padat penduduk dan mobilitas tinggi. “Dengan cara ini otomatis cakupan imunisasi akan lebih cepat meningkat dibanding vaksin yang ada di distribusi secara merata,” ujar Doktor Bidang Penelitian Pelayanan Kesehatan dari Erasmus University ini.

Pentingnya vaksinasi

Vaksinasi juga merupakan upaya terbaik saat ini untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Bekasi menarget 50 persen masyarakat sudah menjalani vaksinasi Covid-19 pada Bulan Agustus ini untuk mengejar goal herd immunity pada akhir tahun 2021. Dengan menurunkan laju infeksi COVID-19 dan memutus mata rantai pandemi COVID-19, kita pun bisa melindungi teman-teman generasi selanjutnya agar tidak terinfeksi penyakit ini.

Kepala Puskesmas Sukatenang Didi Syahrodi mengatakan saat ini warga sudah mulai sadar akan pentingnya vaksinasi di masa pandemi Covid-19. Ayo, kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Pada dasarnya, vaksinasi diadakan bukan hanya bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah, lo. Ini artinya kelompok masyarakat yang rentan dan bukan merupakan sasaran vaksinasi bisa ikut terlindungi.